Telaga Batu Arang (LATGAB CAVING SESSION 1)

2 Comments
Berawal dari ajakan salah seorang abangku yang kebetulan kerja dan tinggal di Sangatta, Kutai Timur untuk mengikuti Latihan Gabungan (LatGab). Tema latgab tahun ini adalah Caving mengingat daerah Kutai Timur memiliki banyak kawasan Karst. Abangku ini, sebut saja bang Alfin, adalah salah seorang penggiat alam, atau apalah itu namanya. Aku yang ga pernah ikut otdoor activity dengan santainya langsung mengiyakan. Toh aku ga ada kerjaan juga soalnya udah libur kuliah.


Tanggal 19 Desember berangkat dari Samarinda dengan bis menuju Sangatta. Sepanjang jalan hujan jadi di bis tidur aja, pengararuh minum antimo juga hihihi. Sampai di terminal Sangatta sekitar jam 8 malam, nunggu dijemput sama bang Alfin. Ga lama orangnya nongol. Ihiy dijemput bareng teman-temannya juga. Ada bang Oki, bang Ramdan, bang Wandi, bang Novi, and the last is Dini. Setelah mampir ke toko dan pasar, kita langsung cus ke rumah Teh Rini, ibu dua anak yang aku tumpangi buat nginap. Teh Rini ini baik pisan euy. Sampai di rumah Teh Rini ngobrol-ngobrol bentar trus cus kamar and going to sleep.

Paginya udah siap-siap buat pergi latgab part 1, bagian materinya. Keluar kamar udah disiapin sarapan ama Teh Rini. Sarapan sambil ngobrol-ngobrol soal forkom PA Kutim. Aku yang ga tau soal pecinta alam he eh- he eh aja pokoknya hahahhaha. Teh Rini sabar banget nungguin aku yang makannya lelet. Ga lama Dini datang buat jemput sekalian ngambil perlengkapan dan bahan-bahan makanan selama kegiatan latgab berlangsung. Selesai cipika-cipiki sama Teh Rini, aku sama Dini langsung pergi ke Telaga Batu Arang (TBA), tempat kegiatan latgab berlangsung. Di TBA udah ada bang Oki, bang Wandi ama bang Novi plus Hasan si anak Pramuka. Di TBA nunggu sampai semua peserta datang. Hari pertama diisi materi tentang kawasan karst di Kutai Timur, dilanjut ishoma. Waktu makan nih yang seru. Makan bareng berderet jadi inget pas jaman pramuka dulu. Walau makan seadanya tapi enak banget. Kegiatan dilanjut dengan pengenalan alat-alat caving dan kemudian dilanjut lagi dengan cara membuat simpul dan tehnik SRT plus Rapling. Malamnya masih ada materi tentang caving lagi, lanjut makan malam trus nobar film. Lupa eh judul filmnya, yang jelas tentang caving juga tuh film. And waktunya tidur. Jadi kita nginep di TBA nih ceritanya. Asli aku baru jam 3an bisa tidur. Penyakit lama kambuh kembali.

Hari minggunya bangun paling pagi. Mandi trus siap-siap buat lanjut kegiatan. Yang lain masih tiduran. Pagi di TBA tuh dingin banget. Ga lama yang lain pada bangun. Sempat liat-liat sekitaran TBA. Jadi TBA tuh dulunya bekas tambang, sekarang dijadikan telaga. Bagus kayaknya pemandanagnnya kalo ada matahari pagi. Cuman minggu pagi itu ga ada matahari. Suasananya dingin plus mendung-mendung manja.

Minggu pagi di TBA

Foto dulu lah
Sarapan pagi pake nasi goreng. Yang bikin lucu, si Hasan masak nasi goreng pake air. Udah ga usah dibayangin. Karena makan bareng-bareng yah tetep aja yummy. Hari minggu agenda materi tentang first aid dan fotografi gua. Makan siang dan sekitar jam 2an lanjut ke Bukit Pelangi buat praktek langsung Single Rope Technic (SRT) juga Rapling.

selesai pemanasan ngantri giliran

Di Bukit Pelangi langsung pemanasan trus praktek ascending descending and rapling. Asli ascending tuh susah loh. Descending mah enak aja. Selesai ascending descending badan lemes banget plus perut rasanya mual. Pengaruh kurang tidur nih pasti. Habis itu masih lanjut buat rapling. Naik papan panjat setinggi 18m. Ga kebayang eh sampe atas mayan dah tingginya. Untung ga phobia ketinggian. Pasang gri-gri trus meluncur ke bawah.


latian ascending

bareng bang Andra

Yang Rapling lebih santai ketimbang ascending descending. Selesai semua nyobain, rapat evaluasi bentaran buat praktek ke lapangan tanggal 26 ntar. Selesai rapat semua langsung pamit pulang dan berakhirlah llatgab sesi pertama. Aku pulang juga ke rumah Teh Rini. Ga tahan pengen ngelurusin badan, istirahat, biar besoknya bisa balik ke Samarinda dengan badan dan pikiran yang segar.



You may also like

2 comments: