Bubur Sumsum dan Mitos Uniknya

1 Comments
Bubur sumsum. Pasti banyak dari kita yang sudah tidak asing dengan nama ini. Yap...makanan yang termasuk jenis jajanan pasar ini memang sudah cukup terkenal dengan masyarakat Indonesia. Mungkin hampir semua daerah di Indonesia mengenal bubur sumsum. Warnanya buburnya yang putih plus kuah santan kental gula merah jadi ciri khasnya. Manis di lidah...enak di mulut...meluncur lancar di tenggorokan hahaha.

Tau ga sih kalo ada mitos unik seputar bubur sumsum. Well, ini sih mitos di kalangan orang Jawa di daerah emakku sana. Katanya nih bubur sumsum tuh ampuh buat nyembuhin badan yang cape atau pegel karena konon badan yang cape atau pegel itu akibat sumsum tulang yang berkurang trus ntar sumsumnya bakal keisi lagi kalo habis makan bubur sumsum. Hahaha lucu ga sih. Percaya ga percaya loh yah. Mbahku selalu ngomong gitu. Namanya juga mitos yg dibumbui dengan sugesti jadilah kepercayaan yg diturunkan turun-temurun. Jadi dari mitos ini nih cerita dimulai.
Pagi itu kan aku bangun badan cape banget. Kemaren habis nempuh perjalanan yg lumayan jauh. 8 jam perjalanan dari Samarinda-Balikpapan-Penajam-Kab. Paser. Ditambah lagi bawa motor sendiri. Wow bisa dibayangkan capenya gimana. Mengaduh ke emak kalo badan cape. Disuruh pijet sedangkan aku paling ga bisa yang namanya dipijet. Trus emak bilang" bikinkan bubur sumsum yah biar capenya ilang". Wah kebetulan udah lama ga makan bubur sumsum homemade. Langsung deh bilang iya.
Jadi tepung beras dibubur sampai warnanya putih dan bertekstur seperti lem. Setelah melewati proses yg singkat, jadilah bubur sumsum buatan emak. Disajikan dengan kuah santan yang sudah dimasak dengan gula merah. Aku paling suka sih makannya dicampur es batu hehe. Ini nih, salah satu dari sekian bayak hal kecil yang bikin kangen kalo balik ke Samarinda. Masakan emak dan mitos-mitos yang menyertainya. Bukan hal mewah, tapi selalu bikin kangen pengen pulang huhuhu.


You may also like

1 comment:

  1. Lahh, kok nanggung, terus itu gimana? Habis makan terus lelahnya berkurang ngga? 😀

    ReplyDelete