Sape' Dan Alunan Musik Yang Dihasilkannya

12 Comments
alat musik tradisional indonesia
Source: budaya-indonesia.org
Musik, siapa yang tak suka. Sekalipun tak diungkapkan secara nyata, aku rasa setiap orang menyukainya. Kehadirannya dengan beragam genre, membuatnya diterima semua orang. Yah, itulah the power of art,  membuat orang bisa mengekspresikan diri suka- suka. Begitu juga dengan musik.

Sama halnya untukku, musik sudah menjadi semacam kebutuhan dalam hidup. Tanpa musik rasanya hampa banget. Walaupun aku ga main alat musik, sampai sekarang cukup puas sih jadi penikmatnya. Tapi terkadang ada juga sih keinginan untuk bisa main alat musik. Contohnya kalo pas liat lagu-lagu coveran versi akustik di yutub, mendadak jadi pengen bisa main gitar. Atau pas lagi main piano tiles, rasanya pengen juga bisa main piano macam Mozart. Duh manusia, maunya banyak. 

Selain dinikmati sebagai salah satu hiburan, musik juga bisa menjadi sarana mengekspresikan feeling. Kalo senang dengerin lagu yang gembira-ria, pas sedih dengarinnya lagu-lagu yang melow mendayu-dayu, pas galau sama mantan coba dengarin lagunya Adele-Hello kali aja ntar balikan lagi *pengalaman teman tjoy*. 

Tuh musik membantu banget kan ya? Trus udah nih postingannya segini aja. No...no...no...itu tadi niatnya intro sih. Intinya malah belum sama sekali. Jadi aku mau sedikit cerita tentang salah satu musik tradisional dari alat musik tradisional yang aku suka. Apa itu? Tak lain dan tak bukan adalah musik tradisional khas suku dayak Kalimantan yang dihasilkan alat musik tradisional khas suku dayak juga.

Alat musiknya sendiri bernama Sampe atau biasa juga orang menyebutnya Sape', yang termasuk alat musik petik. Mirip-mirip gitar sih. Hanya saja kalo gitar senarnya ada 6, Sape' ini senarnya cuma 3 (kadang ada yang 4). Yang aku suka dari Sape' adalah adanya ukiran-ukiran yang Kalimantan banget. Cara maininnya? Kalo kata teman yang bisa sih ngikutin perasaan aja gitu metiknya. 

alat musik tradisional di Indonesia
source: alternatehistory.com
Dari awal dengar musiknya udah jatuh cinta banget. Ga cuma sama si Sape', tapi juga sama alunan musik petik yang dihasilkan. Kalo pas dengerin, rasanya itu kaya menembus ke dalam belantara Kalimantan, hijau, segar, damai, tapi juga mistis. Percaya? Ya coba aja di dengarin. Ini yang paling aku suka.


Gimana? Gimana? Lullaby banget kan musiknya. Aku biasanya dengarin kalo pas mau tidur. Atau kalo ga pas sore ga ada kerjaan. Kadang malah badan ikutan gerak-gerak niruin tarian dayak. Relax banget sih bawaannya kalo dengerin nih musik.

Yap, sekian dulu postingan kali ini. Kalo masih penasaran sama musik tradisional Kalimantan dan si Sape', ada banyak ko videonya di yutub. Dan ingat ya, bolehlah kita menerima musik-musik luar, tapi jangan lupa dong dengan Indonesia punya. Apalagi yang tradional-tradisional macam ini. Haruslah kita lestarikan. *Maafkan bila terkesan sok. Karena pada dasarnya penulis memang orang sok yang sok-sokan*.


You may also like

12 comments:

  1. Wah alat musik tradisional dari Kalimantan. :D Bentuknya unik dan lucu ya? Suaranya klasik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mbak. aku paling suka sama suara yang dihasilkan

      Delete
  2. Baru tau soal sape', hehe, aku biasanya maen piano sih.. piano tiles, haha toss dulu lah sesama musisi piano tiles.. :p

    ReplyDelete
  3. wah keren banget alat musik satu ini..bangga ya mbak bisa menjadi bagian dari Indonesia yg kaya dengan keanekaragaman....aku juga suka lagunya Adelle

    ReplyDelete
  4. Itu kalau beli berapa ya mbak harganya maklum nih untuk menambah koleksi dan buat belajar juga memainkannya.

    ReplyDelete
  5. Baru tahu n kenal nih sama si sape n alunannya.
    ukiran khas kalimantannya yang bikin beda dan khas yaa

    ReplyDelete
  6. Wah namanya alat tradisionalnya unik ya mbak sape, saya baru tahu mbak kalo itu namanya sape ...

    ReplyDelete