Dari Gangnam ke Harlem

1 Comments

Lain dulu lain sekarang. Kalo dulu Gangnam sekarang Harlem. Kira-kira gitu deh kata-kata dari aku untuk menggambarkan si Gangnam dan Harlem. Kalo di tahun 2012 kita dihebohkan oleh Gangnam Style, baru-baru ini udah ada yang lebih heboh. Yapppp...bener banget, Harlem Shake. Apaaaaaaa...ga tahu Harlem Shake? Kalo gitu cekidot explanation singkat aku gan. Setidaknya kita harus tahu tuh sejarah si Harlem.


Harlem Shake tarian tak beraturan ini terkenal di dunia namun darimana asal-usul Harlem Shake ini? Awal mula munculnya gerakan Harlem Shake ini bermula pada tahun 1981 di Harlem, pemukimn besar di New York, AS, di mana ada seorang bernama Al Bm membuat gerakan dansa yang menggerakkan bahu keluar masuk dan seluruh tubuh. Kemudian gerakan ini dinamainya dengan huruf depan dari namanya, "Albee" atau "Albee in Harlem". Tarian ini kemudian di kenal sebagai Harlem Shake. Puncaknya di tahun 2001, di mana popularitas Harlem Shake meningkat karena digunakan oleh beberapa artis hip-hop asal New York, seperti Jadakiss, Cam'ron, dan P. Daddy.


Nah asal namanya mirip sama gangnam yah. Kalo Gangnam style kan ngambil nama pemukiman di Korea yaitu Gangnam. Harlem Shake juga tuh, ngambil nama pemukiman di New York, yaitu Harlem. 

Baru deh pada bulan Februari 2013 ini, tepatnya tanggal 2 Februari 2013, pengguna Youtube dengan ID DizastaMusic mengunggah video parodi dari tarian Harlem Shake ciptaan Baauer tersebut. Sejak saat itu, bertmbah banyaklah pengguna Youtube yang mengunggah video-video Harlem Shake sampai jadi booming, bahkan disebut-sebut mampu menggeser posisi Gangnam Style di tangga musik Internasional.Wah-wah sepertinya bang PSY harus rela deh popularitasnya tergeser. 

Lalu bagaimana dengan Indonesia??? Ternyata bangsa Indonesia adalah bangsa yang selalu update gan. Udah banyak video harlem shake karya anak negeri yang bertebaran di Youtube. Cekidot di sini gan....


You may also like

1 comment: