Bukit Batu Dinding Kilo 45

16 Comments

Sekali habis pergi maunya pergi terus. Iya setelah minggu lalu mengunjungi Kedang Ipil, sabtu ini kami pergi ke destinasi lain. Ko jadi semacam ketagihan yah :|...Kalau minggu lalu ketemu air...kali ini kita bakal bertamu ke sebuah bukit. Yap...Bukit Batu Dinding kilo 45 menjadi sasaranku dan dua orang temanku yang biasa. Dan terus terang saja ini termasuk rencana yang agak dadakan atas saranku juga sih. Karena didorong rasa penasaran dan beberapa foto dari instagram yang bikin jelous, kami sepakat harus sampai ke tujuan.

Bukit Batu Dinding berlokasi di kilo 45 Samboja, atau kilo 45 jalan poros Balikpapan-Samarinda. Kami berangkat jam 7 pagi dari Samarinda, setelah malam sebelumnya aku sempat begadang sampai jam setengah 3 dini hari. Mata masih agak semriwing tuh paginya. Sama seperti minggu lalu, kami tidak tahu arah ke tekape. Petunjuknya hanya, tempat ini berada di kilo 45, udah gitu aja. But... no matter what happen, the show must go on. Sempat galau juga karena cuaca pagi yang mendung. Tapi udah terlanjur pengen, yaudah lanjut.

Pagi yang mendung bikin suhu udara dingin banget. Apalagi waktu lewat Bukit Soeharto...asli dingin dah. Mana masih ada embun-embun gitu lagi, makin nyesss. Kami disapa gerimis di kilo 50, tapi karena cuman gerimis jadi lanjut aja. Sampe akhirnya di kilo 45 kami mampir disebuah warung makan karena rasa lapar melanda. sempat tanya ke ibu warung jalan masuk ke Batu Dinding. Untung si ibu tahu walau cuma gapura masuknya. Setelah mengisi perut kami lanjut, dan untungnya gerimis telah reda. Kalau dari arah Balikpapan gapuranya di sebelah kiri, ada tulisan JL. BATU DINDING. Dari gapura kita terus aja. Sempat nyiut juga nyali waktu liat jalanan yang becek habis hujan, apalagi sempat ketemu rombongan yang kaya habis offroad, apa ga makin mikir. Tapi tekat kami sekuat baja....hallahhh, dan akhirnya maju terus. Oh iya, di kilo 45 ini juga ada perkebunan buah naga. Jadi di kiri dan kanan jalan akan banyak sekali pohon buah naga. Bahkan ada yang buahnya sudah masak, duh ngilerrr.

jalannya

jalannya

kebun buah naga

kebun buah naga

Setelah melewati jalanan becek berbatu, kami harus rela turun dari motor dan lanjut jalan kaki karena jalanan yang amat sangat licin. Yah...waktunya emang kurang tepat masuk setelah hujan. Dengan amat sangat berat hati kami lanjut jalan kaki. Jalan kaki di jalanan becek berlumpur, turun naik gunung, awesome banget deh pokoknya. Kami sempat berpapasan dengan rombongan yang akan keluar, dan mereka menaiki motor dengan susah payah karena jalanan licin.Yah lebih baik jalan kaki.

Setelah berjalan kurang lebih 2 kilo, kami sampai di pos registrasi. Di pos ini kita mengisi buku tamu dan membayar uang untuk dana pengelolaan sebesar Rp 5.000/ orang. Setelah mencatat nama dan membayar kami lanjut lagi berjalan yang kata penjaganya sih 600 meter lagi bakal sampai. Kali ini trek jalanannya asli menguras tenaga deh walau cuman 600 meter. Tanjakannya lebih panjang dan curam. Untung tadi sempat ngisi perut jadi ada energi. Tapi kepala sempat pusing juga. Mungkin ini efek begadang huhuhu. 

Dengan segala daya dan upaya, akhirnya kami berhasil sampai di Bukit Batu Dinding. Bukit ini merupakan batu kapur yang menjulang tinggi layaknya dinding. Setelah beristirahat dan mengambil nafas, kami lanjut untuk menelusuri bukit ini. Di Bukit Batu Dinding ga da pengaman. Yang ada hanya tali tambang yang bisa kita gunakan sebagai pegangan. Jadi hati-hati...watch your step, jangan sampai salah langkah yah. Jangan juga terlalu ke pinggir, pemandangan bawahnya ngeri lohhhh. Jadi hati-hati juga yang phobia ketinggian.

akhirnya sampai

tekape

Bukit Batu Dinding

Dari atas bukit kita bisa melihat hamparan hijau hutan Kalimantan. Pokoknya sejauh memandang cuman hijau pepohonan deh. Langsung deh kamera beraksi, let's take photos. Kami bertemu rombongan dari Balikpapan juga, lumayan buat teman ngobrol. Sempat minta potokan juga hihihi. Tinggal di Kalimantan, sebagai pulau yang bisa dikatakan, minim gunung, berada di ketinggian bukit seperti ini tentu sesuatu yang sangat mengesankan. Rasa lelah seketika hilang berganti rasa senang karena bisa menikmati pemandangan, rasa takjub akan ciptaan Tuhan, dan rasa tidak percaya ternyata kami bisa sampai di atas sini.

hamparan hijau

hamparan hijau




Setelah puas berfoto dan beristirahat kami memutuskan untuk turun. Datang ke sini pasti akan amat sangat menyenangkan sekali bila bisa melihat dan mengabadikan sunset atau sunrise. Sebenarnya kami ingin tinggal sampai saat sunset tiba, tapi karena suatu hal kami memutuskan untuk turun. Tak apalah tak bisa melihat rona sunrise atau semburat sunset, kami sudah sangat senang dengan pencapaian kami. Sebagai tempat wisata...Bukit Batu Dinding, layak dikunjungi.
"dear someone...makasih udah ngajari cara mensyukuri ciptaan Tuhan"
and here we are...balik lagi ke jalanan untuk pulang. Seperti biasa, jalanan saat pulang lebih terasa mudah untuk dilalui. Selain itu jalanan becek juga mulai mengering karena panas matahari. Sampai di pos registrasi, kami disuruh mampir dan dihidangkan buah naga, fresh from the tree. What a lucky. Acara jalan-jalan kali ini seru, cape, seneng, takjub, nano nano deh. So...what is the next destination?  



You may also like

16 comments:

  1. Artikelnya bagus sekali, memberikan informasi banget. thanks ya dan terus berpetualang karena Indonesia itu indah #WonderfulBorneo

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuhuuu...
      thanks juga udah mampir yah :D

      Delete
  2. udah berencana mau kesini dan semoga libur akhir pekan ini gak rame.. thanks infonya mbak.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup sama-sama
      Tapi kalo akhir pekan kayaknya bakal rame :D

      Delete
    2. Saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok MBAH PESUGIHAN DANA GHAIB


      Delete
  3. minggu ini berangkat,,mohon petunjuk jalannya donk,,pin 745A8358

    ReplyDelete
  4. makasih yah atas informasinya, jangan lupa kunjungi blog aku juga.
    QUEENXXX92

    ReplyDelete
  5. Mbak dari ke tekape dari arah balikpapan atau samarinda?

    ReplyDelete
  6. Lebih asik lagi ngeliat matahari terbitnya. Barusan pagi tadi kami berangkat dr rumah jam 5 dr bpp, sampai di sana jam stgh 6. Ngeliatin matahari terbit, indah bnget. Gak nyangka di Indonesia ada jd pemandangan indah menakjubkan sperti di Batu Dinding.

    ReplyDelete
  7. Lebih asik lagi ngeliat matahari terbitnya. Barusan pagi tadi kami berangkat dr rumah jam 5 dr bpp, sampai di sana jam stgh 6. Ngeliatin matahari terbit, indah bnget. Gak nyangka di Indonesia ada jd pemandangan indah menakjubkan sperti di Batu Dinding.

    ReplyDelete
  8. KISAH SUKSES
    Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet ~>KLIK DISINI<~ Wassalam

    ReplyDelete
  9. Baru kali ini nemuin postingan tentang batu dinding...

    Salam kenal ya Annisa, aku Ayu dari Balikpapan.. Hehehe :D

    ReplyDelete