Sape' Dan Alunan Musik Yang Dihasilkannya

14 Comments
alat musik tradisional indonesia
Source: budaya-indonesia.org
Musik, siapa yang tak suka. Sekalipun tak diungkapkan secara nyata, aku rasa setiap orang menyukainya. Kehadirannya dengan beragam genre, membuatnya diterima semua orang. Yah, itulah the power of art,  membuat orang bisa mengekspresikan diri suka- suka. Begitu juga dengan musik.

Sama halnya untukku, musik sudah menjadi semacam kebutuhan dalam hidup. Tanpa musik rasanya hampa banget. Walaupun aku ga main alat musik, sampai sekarang cukup puas sih jadi penikmatnya. Tapi terkadang ada juga sih keinginan untuk bisa main alat musik. Contohnya kalo pas liat lagu-lagu coveran versi akustik di yutub, mendadak jadi pengen bisa main gitar. Atau pas lagi main piano tiles, rasanya pengen juga bisa main piano macam Mozart. Duh manusia, maunya banyak. 

Selain dinikmati sebagai salah satu hiburan, musik juga bisa menjadi sarana mengekspresikan feeling. Kalo senang dengerin lagu yang gembira-ria, pas sedih dengarinnya lagu-lagu yang melow mendayu-dayu, pas galau sama mantan coba dengarin lagunya Adele-Hello kali aja ntar balikan lagi *pengalaman teman tjoy*. 

Tuh musik membantu banget kan ya? Trus udah nih postingannya segini aja. No...no...no...itu tadi niatnya intro sih. Intinya malah belum sama sekali. Jadi aku mau sedikit cerita tentang salah satu musik tradisional dari alat musik tradisional yang aku suka. Apa itu? Tak lain dan tak bukan adalah musik tradisional khas suku dayak Kalimantan yang dihasilkan alat musik tradisional khas suku dayak juga.

Alat musiknya sendiri bernama Sampe atau biasa juga orang menyebutnya Sape', yang termasuk alat musik petik. Mirip-mirip gitar sih. Hanya saja kalo gitar senarnya ada 6, Sape' ini senarnya cuma 3 (kadang ada yang 4). Yang aku suka dari Sape' adalah adanya ukiran-ukiran yang Kalimantan banget. Cara maininnya? Kalo kata teman yang bisa sih ngikutin perasaan aja gitu metiknya. 

alat musik tradisional di Indonesia
source: alternatehistory.com
Dari awal dengar musiknya udah jatuh cinta banget. Ga cuma sama si Sape', tapi juga sama alunan musik petik yang dihasilkan. Kalo pas dengerin, rasanya itu kaya menembus ke dalam belantara Kalimantan, hijau, segar, damai, tapi juga mistis. Percaya? Ya coba aja di dengarin. Ini yang paling aku suka.

video

Gimana? Gimana? Lullaby banget kan musiknya. Aku biasanya dengarin kalo pas mau tidur. Atau kalo ga pas sore ga ada kerjaan. Kadang malah badan ikutan gerak-gerak niruin tarian dayak. Relax banget sih bawaannya kalo dengerin nih musik.

Yap, sekian dulu postingan kali ini. Kalo masih penasaran sama musik tradisional Kalimantan dan si Sape', ada banyak ko videonya di yutub. Dan ingat ya, bolehlah kita menerima musik-musik luar, tapi jangan lupa dong dengan Indonesia punya. Apalagi yang tradional-tradisional macam ini. Haruslah kita lestarikan. *Maafkan bila terkesan sok. Karena pada dasarnya penulis memang orang sok yang sok-sokan*.


You may also like

14 comments:

  1. Wah alat musik tradisional dari Kalimantan. :D Bentuknya unik dan lucu ya? Suaranya klasik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mbak. aku paling suka sama suara yang dihasilkan

      Delete
    2. Ass...saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan nomor dan dana ghaibnya,alhamdulillah kini saya sudah bisa membuka usaha kembali yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jangan sungkan-sungkan untuk menhubungi MBAH RAWA GUMPALA karna insya allah beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi saja MBAH RAWA GUMPALA di 085==316==106==111




      (((( BUKA BLO DANA GHAIB DAN NOMOR GHAIB MBAH RAWA GUMPALA ))))







      Ass...saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan nomor dan dana ghaibnya,alhamdulillah kini saya sudah bisa membuka usaha kembali yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jangan sungkan-sungkan untuk menhubungi MBAH RAWA GUMPALA karna insya allah beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi saja MBAH RAWA GUMPALA di 085==316==106==111

      Delete
  2. Baru tau soal sape', hehe, aku biasanya maen piano sih.. piano tiles, haha toss dulu lah sesama musisi piano tiles.. :p

    ReplyDelete
  3. wah keren banget alat musik satu ini..bangga ya mbak bisa menjadi bagian dari Indonesia yg kaya dengan keanekaragaman....aku juga suka lagunya Adelle

    ReplyDelete
    Replies
    1. bangga banget pastinya mbak

      Delete
    2. Assalamualaikum.wr.wb. perkenalkan nama saya Ibu Anita Tki Malaysia, saat menulis ini saya teringat memory masa lalu.saya sangat tergugah hati melihat coretan hati yang Ibu tulis. saya jadi teringat tentang masa-masa sulit dulu,karena iktiar dan usaha , seolah2 menjadi dendam bukan lagi motivasi, cuma satu tujuan saya pada saat bagaiman caranya untuk bangkit..singkat kata berbagai macam iktiar dan cara yang saya lalui, mengingat pada saat itu hutang saya 1,2m yang tidak sedikit, belum lagi bunga renternir yang bertambah. karena usaha, kesungguhan hati, akhirnya menemukan jalan /solusi . saya percaya ALLAH ITU TIDAK DIAM MAHA PENYAYANG , cobaan itu bukan lah ujian tapi hadiah yang tersilmut untuk kebahagiaan yang sebenar2nya. Sudah banyak para normal yg kami mintai angka togel dan uang gaib cuma Ki Witjaksno yg berhasil alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus. jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi Ki Witjaksno:0852_2223_1459. ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang kedua kalinya KLIK->KLIK DISINI 4d 5d 6d

      Delete
  4. Itu kalau beli berapa ya mbak harganya maklum nih untuk menambah koleksi dan buat belajar juga memainkannya.

    ReplyDelete
  5. Baru tahu n kenal nih sama si sape n alunannya.
    ukiran khas kalimantannya yang bikin beda dan khas yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya khas memang...tradisional banget :D

      Delete
  6. Wah namanya alat tradisionalnya unik ya mbak sape, saya baru tahu mbak kalo itu namanya sape ...

    ReplyDelete