Imlek di Samarinda, Dari Lontong Cap Go Meh Sampai Mencari Jodoh

5 Comments
click for source
Salah satu hal yang aku sukai menjadi orang Indonesia adalah keberagaman suku/etnis dan juga budayanya. Ada saja hal-hal menarik yang bisa dipelajari dari sana. Salah satunya adalah pada perayaan Hari Imlek atau tahun baru Cina, yang dirayakan oleh orang-orang keturunan Cina/ etnis Tionghoa. Karena keberadaan mereka yang tersebar di seluruh Indonesia, ada banyak cerita tentang perayaan Imlek di Nusantara.

Cerita datang dari kota Tepian, Samarinda. Di kota Samarinda,  Imlek dirayakan dengan cukup meriah. Dan puncaknya tentu saja pada perayaan Cap Go Meh. Pada malam Imlek, banyak warga etnis Tionghoa yang datang untuk beribadah di Kelenteng Thien Ie Kong. Kelenteng ini selalu menjadi pusat peribadatan etnis Tionghoa karena usianya yang lebih dari 1 abad, termasuk pada perayaan Imlek. 

click for source
Setelah Imlek, akan ada perayaan Cap Go Meh yang dilaksanakan pada hari ke 15 bulan pertama penanggalan Imlek. Masih di kelenteng Thien Ie Kong, biasanya akan ada makanan khas peranakan yang dibagikan. Yap, dialah lontong Cap Go Meh. Yang bisa menikmati makanan ini tidak hanya warga keturunan Cina, tapi warga lain yang ikut menyemarakkan perayaan pun bisa ikut menikmatinya. Mereka bersama-sama menyantap lontong Cap Go Meh di bagian belakang kelenteng.

click for source
Setelahnya akan ada pertunjukan liong dan barongsai. Tentu saja ini menjadi saat-saat yang ditunggu karena liong dan barongsai merupakan salah satu ciri khas dari perayaan Imlek. Para pemuda membawa liong, meliuk-liuk dan berputar dengan penuh semangat seperti sebuah tarian sang naga. Ditambah lagi dari para penari barongsai. Gerakannya lincah tak kalah semangat menghibur para penonton.

Beranjak malam, kawasan kelenteng Thien Ie Kong ini akan dipenuhi oleh muda-mudi. Mereka berpakaian rapi dan berdandan. Kata teman yang keturunan Cina, malam Cap Go Meh di kelenteng ini merupakan malam pencarian jodoh. Mereka akan berkeliling kelenteng sebanyak tujuh kali searah jarum jam. Nah bila saat berkeliling selalu berpapasan dengan orang yang sama, bisa jadi itu jodohnya. Jadi pengen nyoba juga siapa tau dapat jodoh. 

click for source
Di atas itu yang biasanya ada dalam perayaan Imlek dan Cap Go Meh di kota Tepian Samarinda. Tapi biasa ada juga event khusus yang dibuat untuk merayakan Imlek dan Cap Go Meh, contohnya seperti pada tahun 2016. Tahun lalu diselenggarakan sebuah event bertajuk Mega Food Fesival dalam rangka perayaan Imlek. Pastinya ini juga menjadi sarana hiburan bagi warga. Dan lagi, ada pertunjukan Barongsai juga. Duh senangnya.

Mega Food Festival
Nah itulah cerita perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Samarinda. Ada juga loh perayaan Imlek di kota-kota di Indonesia yang ga kalah menarik. Seperti kota Solo dengan Grebek Sudiro, yang merupakan wujud perpaduan budaya lokal dan Tionghoa. Semarang dengan pasar Semawis-nya, yang merupakan pusat kemeriahan Imlek di Semarang. Ada lagi Pawai Tatung yang ada di kota Singkawang. Dan juga Palembang dengan berbagai bazzar dan festival penuh pernak-pernik Imlek.

Untuk Palembang, perayaan Imlek dan Cap Go Meh tahun ini akan meriah karena ada banyak event yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan bekerja sama dengan Kelompok Kompas Gramedia pada tanggal 11-12 Februari di PSCC Palembang. Emang ada apa aja? Banyak pastinya. Ada kirab budaya, penampilan dan atraksi seni oleh berbagai paguyuban Tionghoa dan paguyuban lainnya, pemutaran film pendek, stand up comedy dan berbagai penampilan lainnya. Siapa tahu ada yang berminat ke sana ya kan? Terkhusus buat wong Palembang, jangan sampe lupa lah. 




You may also like

5 comments:

  1. Selamat tahun baru imlek untuk yang merayakannya. Di sini nggak ada perayaan seperti itu sih.

    ReplyDelete
  2. Seru, ya? :D Meriah sekali. Di sini pun tak kalah meriah.

    ReplyDelete
  3. Jadi kangen makan lontong cap go meh. :'D

    ReplyDelete
  4. Kalau di Samarinda ada kuliner khusus waktu Imlek nggak sih Mba?

    ReplyDelete
  5. bisa dijadikan ajang macam-macam ya hehe!

    Lebaran Makin Cantik dari shopee

    https://shopee.co.id/pc_event/?smtt=1.2807&url=https%3A%2F%2Fshopee.co.id%2Fweb%2Fevents3%2Fcode%2F1513881230%2F%3Fsmtt%3D1.2973

    ReplyDelete