Rawon,Hitam namun Lezat

1 Comments
Beberapa minggu yang lalu saya sempat pulang kampung dari Samarinda ke daerah saya di Paser.Betapa rindu saya pada keluarga setelah 3 bulan lebih saya tidak pulang kampung.Mumpung libur semester yang lumayan lama,saya sempatkan untuk pulang.
Begitu sampai di daerah saya,langsung menuju ke rumah makan yang dikelola oleh ibu saya sendiri.Ah...alangkah kengennya diri ini dengan masakan emak saya.Perjalanan dari Samarinda yang memakan waktu setengah hari membuat perut ini berontak untuk segera diisi.Saya langsung minta diracikkan rawon,salah satu makanan kesukaan saya.FYI yah,ibu saya menjual bermacam-macam makanan tradisional,salah satunya rawon.Dengan cekatan ibu saya meracik rawon untuk saya.Sejumput penuh Taoge kecil disusun di mangkok dengan sejumput daun sledri/sop.Diberi irisan daging kecil-kecil ukuran dadu lalu disiram dengan kuah rawon panas yang hitam kental dan dibubuhi bawang goreng.Subhanallah...baunya harum bikin perut ini semakin berontak.Semakin nikmat dengan tambahan kecap manis,jeruk nipis dan sambal dan dimakan bersama nasi hangat ditemani segelas es jeruk.Ya Allah...terima kasih atas nikmatmu yang memberi emak pintar memasak macam ini.
Rawon merupakan makanan khas Jawa Timur.Ibu saya adalah orang Jawa Timur jadi tidaklah heran jika ibu saya bisa memasak makanan nan lezat ini.
Kuah rawon yang hitam merupakan hasil dari salah satu bumbunya yaitu kluwek yang dihaluskan dengan bumbu-bumbu yang lain.Bumbu kemudian ditumus sampai harum dan dimasukan ke dalam air kaldu daging.Dagingnya sendiri dipotong-potong dan ditempatkan di tempat berbeda.Namun ada juga beberapa penjual rawon yang mencampurkan antara kuah dan daging.Rawon disajikan dengan taoge halus.
Di Samarinda ada banyak penjual rawon,tapi tidak ada yang seenak rawon buatan ibu saya.Hahaha...membela ibu kisahnya.Yummy...


You may also like

1 comment:

  1. KISAH SUKSES
    Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet ~>KLIK DISINI<~ Wassalam

    ReplyDelete