Gua Angin, TNK (LATGAB CAVING SESSION 2)

6 Comments

       Kamis, 25 Desember 2014
Berangkat siang dari Samarinda ke Sangatta buat ikut latgab lanjutan minggu kemarin. Sampai terminal Sangatta nunggu jemputan dari bang Oki soalnya bang Alfin udah duluan ke spot buat latgab caving kali ini, Gua Angin. Jemputan datang langsung cus ke rumah Teh Rini, numpang nginap lagi di sana hehehe. Malamnya nyiapin peerlengkapan selama di gua ntar. Ga lama siap-siap tidur biar paginya bangun dengan segar.

Jum'at, 26 Desember 2014
Ngumpul di lanal AL Sangatta buat berangkat ke Gua Angin di Taman Nasional Kutai. Berangkat dari rumah Teh Rini bareng bang Oki naik vespa. Akhirnya yah naik vespa lagi setelah sekian lama hahahaha. Sampai di lanal udah ada peserta-peserta yang lain. Langsung gabung, ngobrol and foto-foto, berdo'a bareng dan berangkat naik truk. 
sebelum berangkat

selfie dulu hehehe
Berhenti di daerah Teluk Pandan dan kita lanjut jalan kaki tjoy, kurang lebih 8 KM dengan rute melewati ladang, kebun, sungai, hutan. Yang sedih tuh pas ngelewatin hutannya. Siap-siap aja digigit pacet. Untung sempat pake lotion anti nyamuk sebelum mulai jalan, yah walau sempat dapet 1 pacet, iuwhhhh.
Sampai di gua disambut sama tim advanced yang udah berangkat duluan sehari sebelumnya. Asli cape banget. Langsung aja rebahan di terpal yang disediakan buat istirahat. Sisa hari itu dipakai buat istirahat, makan malam, lanjut rapat buat planning next day, and tidur. Sempat susah tidur kaya kejadian di TBA. Bayangin dah tidur di gua, plus suara nina bob dari kelelawar. HOW WONDERFUL NIGHT.

Sabtu, 27 Desember 2014
Bangun pagi langsung ke sungai, bersihin badan dan bantuin masak buat sarapan. Lagi lagi makan bareng. Suasana ini nih yang bakal aku kangenin ntar kalo udah selesai huhuhu. Sarapan udah, lanjut bagi kelompok. Dapat kelompok dua bareng bang Andra, Dini, Fika, dan Zainal. Langsung jalan ke atas gua buat kegiatan penelusuran gua vertikal dengan cara rapling. Bayangin dah rapling dari ketinggian 15m, dengan batuan gua di bawahnya. Nice aja sih kalo sempat jatuh.
Pamer Kaos dulu

Tiga Dara mau Rapling
Persiapan dulu
Yuhuuuuu....siap meluncur


Rapling berlangsung lancar, walaupun telapak tangan agak sakit ketekan kuku yang panjang. Istirahat sebentar sambil nunggu yang lain selesai rapling. Next ascending and descending. Mikirnya ishhh pasti cape banget. Tapi ternyata ga cape kaya pas di Bukit Pelangi soalnya udah tau tehniknya, walau yah tetep aja cape. Sisa hari dihabiskan dengan ascending descending sambil bantuin masak, ishoma trus lanjut materi dasar-dasar photografi oleh bang Heri. Seru nih pas materi bareng bang Heri soalnya orangnya asik banget. Selesai materi sekitar jam setengah 10 malam. ternyata ini elum usai pemirsa. Masih ada penelusuran gua horizontal. Bayangin deh selusur gua malem-malem dengan suara dan bau kotoran kelelawar. Udah ga mikir dah yang penting cepat selesai trus bisa istirahat. Akhirnya ngerasain selusur gua sambil merunduk, merangkak, untung ga sempat guling-guling hahahaa. 
Dalamnya Gua Angin

 Dalamnya Gua Angin Lagi
Selesai penelusuran gua Horizontal langsung bersihin badan trus istirahat. Malam itu hujan turun dengan deras, bersambut dengan suara kelelawar. Kombinasi suara yang bagus buat pengantar tidur.

Minggu, 28 Desember 2014
Bagun pagi ternyata masih gerimis di luar. Suhunya dingin banget jadi mengurungkan niat untuk pergi ke sungai. Langsung bantuin nyiapin makanan buat saraoan. Kalo ujan gini jadi mikir pacet. Katanya pacet bakal banyak keluar kalo cuaca dan suhu lembab habis hujan. Huhuhu...padahal kita bakal keluar dari gua hari ini Ya Allah jauhkan pacet.
Selesaai sarapan lanjut praktek photografi gua bareng kang Heri. Aku jadi penonton aja sih soalnya ga bawa kamera. Habis kegiatan praktek photografi, lanjut evaluasi soal simpul yang digunakan dalam kegiatan caving. Selesai evaluasi kita siap-siap pulang, packing peralatan dan perlengkapan, bersihin gua dan ga lupa dong yah foto bareng.
Foto Bareng
Lagi-lagi jalan pulang sejauh 8 KM dengan jalan kaki harus kami tempuh dengan rute yang sama saat kami berangkat. Tapi perjalanan pulang tidak melelahkan seperti saat kami berangkat. Keluar dari Taman Nasional Kutai telah ditunggu oleh truk yang membawa kami pertama pergi. Sempat istirahat sambil makan bakso. Pak lek tukang baksonya tau aja deh ada rombongan lelah plus lapar. Cus balik ke Sangatta dengan lelah yang sangat.

 Beruntung banget bisa ikutan latgab. Dapat banyak ilmu, terutama soal caving. Dapat banyak teman baru juga, yang jelas bikin ketagihan. Over all, this event is so fun. Berharap bisa ikut lagi acara atau kegiatan macam latgab gini. Udah sekian dulu ceritanya. See you in the next story. 



You may also like

6 comments:

  1. yahh,sayang banget donk kmaren akk batal ikt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sayang banget :D
      emang tinggal di mana?

      Delete
  2. d bengalon.akk ank gempala edellweiss.nama wq zainal.satu klompok deh kya'y am kalian.kmaren akk ggk jd ikt.

    ReplyDelete
  3. KISAH SUKSES
    Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet ~>KLIK DISINI<~ Wassalam

    ReplyDelete