Bubur Sumsum dan Mitos Uniknya

3 Comments
Bubur sumsum. Pasti banyak dari kita yang sudah tidak asing dengan nama ini. Yap...makanan yang termasuk jenis jajanan pasar ini memang sudah cukup terkenal dengan masyarakat Indonesia. Mungkin hampir semua daerah di Indonesia mengenal bubur sumsum. Warnanya buburnya yang putih plus kuah santan kental gula merah jadi ciri khasnya. Manis di lidah...enak di mulut...meluncur lancar di tenggorokan hahaha.

Tau ga sih kalo ada mitos unik seputar bubur sumsum. Well, ini sih mitos di kalangan orang Jawa di daerah emakku sana. Katanya nih bubur sumsum tuh ampuh buat nyembuhin badan yang cape atau pegel karena konon badan yang cape atau pegel itu akibat sumsum tulang yang berkurang trus ntar sumsumnya bakal keisi lagi kalo habis makan bubur sumsum. Hahaha lucu ga sih. Percaya ga percaya loh yah. Mbahku selalu ngomong gitu. Namanya juga mitos yg dibumbui dengan sugesti jadilah kepercayaan yg diturunkan turun-temurun. Jadi dari mitos ini nih cerita dimulai.
Pagi itu kan aku bangun badan cape banget. Kemaren habis nempuh perjalanan yg lumayan jauh. 8 jam perjalanan dari Samarinda-Balikpapan-Penajam-Kab. Paser. Ditambah lagi bawa motor sendiri. Wow bisa dibayangkan capenya gimana. Mengaduh ke emak kalo badan cape. Disuruh pijet sedangkan aku paling ga bisa yang namanya dipijet. Trus emak bilang" bikinkan bubur sumsum yah biar capenya ilang". Wah kebetulan udah lama ga makan bubur sumsum homemade. Langsung deh bilang iya.
Jadi tepung beras dibubur sampai warnanya putih dan bertekstur seperti lem. Setelah melewati proses yg singkat, jadilah bubur sumsum buatan emak. Disajikan dengan kuah santan yang sudah dimasak dengan gula merah. Aku paling suka sih makannya dicampur es batu hehe. Ini nih, salah satu dari sekian bayak hal kecil yang bikin kangen kalo balik ke Samarinda. Masakan emak dan mitos-mitos yang menyertainya. Bukan hal mewah, tapi selalu bikin kangen pengen pulang huhuhu.


You may also like

3 comments:

  1. KISAH SUKSES
    Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet ~>KLIK DISINI<~ Wassalam

    ReplyDelete