Jalan-Jalan Sekaligus Belajar Peradaban

3 Comments
liburan ke mesir
sumber gambar
Kalo ditanya negara/kota/tempat wisata impian, aku bakal jawab banyak. Ada banyak banget tempat yang pengen aku kunjungi. Ga usah jauh-jauh ke luar negeri deh, di Indonesia aja banyak tempat wisata keren yang sayang banget buat dilewatkan. Apalagi ya sekarang kan banyak banget travel blogger yang bahas-bahas tempat wisata. Gila sih persuasif banget. Gimana ga pengen.


Karena tujuan wisata impianku ada banyak, aku bakal tuliskan satu aja deh ya buat ngewakilin. Jadi di manakah itu? Egypt. Yes...Mesir gaes. Pastinya ya aku ga asal pilih lah. Aku pengen ke Mesir sedikit banyak ya karena terpengaruh oleh sebuah film. Pasti film Ayat-Ayat itu ya? No. Tapi salah satu film yang juga mengambil latar tempat di Mesir, The Mummy. Setelah nonton film itu aku jadi ngerasa wow Mesir keren dan misterius banget. Udah sebatas itu aja. Trus aku cari-cari tahu tentang Mesir yang memang patut aku kunjungi deh kalo ada kesempatan. 

Mesir disebut sebagai Azrul Kinanah atau Negerinya Para Nabi. Oleh karenanya ga heran kalau mayoritas penduduknya beragama islam. Otomatis ini jadi poin bagus dong ya buat aku jadi ga usah takut susah beribadah di sana. Trus kalo ga negara mayoritas islam ga mau gitu ngunjungi. Ya ga lah. Aku sih semua libas. Tapi kalo ke Mesir yang mayoritas penduduknya islam, it just like Indonesia, it just feeling like home. Kalo ke sana wajib banget sih napak tilas sejarah islam. Biar lebih memaknai aja tentang agama dan pendahulu kita yang sudah memperjuangkan agama yang mulia.
sejarah islam di mesir
sumber gambar
Selain sejarah islam, negara yang terletak di bagian utara  benua Afrika ini juga sarat akan sejarah peradaban Mesir kuno. Dengar Mesir Kuno langsung keingat mumi. Benar sekali sih. Mumi kan emang budaya Mesir Kuno. Tentunya kita bisa pergi ke Museum Mesir untuk mencari tahu tentang mumi dan segala macam hal yang berkaitan dengan Mesir Kuno. Atau pergi ke piramid, melihat sphinx yang eksotis? Wah wajib sih ini.
sejarah piramid dan mesir kuno di mesir
sumber gambar
Jangan lupa juga nih soal makanan. Aku kan suka kulineran ya jadi satu hal ini jangan sampai terlewat. Dan sekali lagi keuntungan kalo pergi ke negara mayoritas islam, ga perlu takut kesusahan cari makanan halal. Pastinya aku bakal mencoba makanan yang khas Mesir lah. Entah nanti cocok di lidah atau ga. 
makanan khas mesir yang harus dicoba
sumber gambar
Jalan-jalan rasanya ada yang kurang kalo ga nyambi belanja kan. Apalagi belanja oleh-oleh. Wah harus banget tuh apalagi kalo udah ditodong duluan "jangan lupa oleh-oleh ya". Aku bakal pergi mengunjungi Khan el Khalili Bazaar, merupakan tempat yang menyajikan banyak barang antik, souvenir untuk oleh-oleh, bahkan makanan. Harganya juga menggoda dan bisa ditawar. Ini tempat katanya favorit pelajar Indonesia juga loh kalo lagi belanja. 
tempat yang harus dikunjungi ketika di mesir
sumber gambar
Pastinya ga cukup dengan penjelasan kenapa aku pengen banget ke Mesir. Hal-hal di atas tentu hanya sebagian kecil rencana perjalanan yang akan aku lakukan kalo punya kesempatan pergi ke Mesir. Selain penjelasanku tentu masih banyak hal seru lainnya, tempat wisatanya, sejarahnya, budayanya. Amboi...semoga kesampaian ke sana Ya Allah. Dan lagi, sebagai orang yang suka sejarah, Mesir adalah negara yang tepat untuk belajar tentang salah satu peradaban terbesar yang pernah ada di dunia. Tentu belajar sambil jalan-jalan. Ga melulu dari baca di buku dan internet. Insyaallah.



#BPN30DayChallenge2018 #Day 13


You may also like

3 comments: