Hal-Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Hidup Lebih Sehat

1 Comments
sumber gambar
Berapa banyak dari kita yang sadar akan hidup sehat? Ada banyak tapi kebanyakan dari kita juga ga sadar kalo hidup yang kita jalani itu ga sehat. Baru sadar kalo badan kerasa ga enak atau sakit. Duh kemarin habis ngapain sih? Makan apa ya? Ya tapi gimana dong udah kejadian juga ini sakitnya.

Aku sendiri ya biasa aja sih soal hidup sehat. Bukan tipe orang ngoyo harus ini itu biar sehat. I'm just fine with my lifestyle. Sampe akhirnya beberapa bulan lalu ngerasa ko badanku gede banget nih. Mau ngapa-ngapain males. OMG...nooo. Iya emang aku doyan ngemil junkfood, chiki2, belum lagi pola hidup lain yang setelah kucek dan ricek masih banyak salahnya.

Akhirnya aku bertekad sedikit merubah pola hidup biar hidupku lebih berkualitas. Dan pastinya biar badanku ga makin gede karena sedikit banyak pola hidup yang lama itu ga banget deh. Tapi aku ga diet loh ya hanya memperbaiki pola hidup. Gimana caranya? Yang melakukan 5 hal kecil ini contohnya.

1. Berusaha Untuk Tidur yang Cukup
Tidur yang cukup pasti penting banget lah apalagi buat orang dengan aktifitas yang padat. Tak hanya mengistirahatkan badan, tapi juga pikiran(otak). Selama ini aku kalo tidur pasti diatas jam 11 malam dengan lama 4-5 jam. Itu pun kadang ga nyenyak. Jadi kalo beraktifitas siang bawaannya udah ngantuk aja. Kadang suka ga fokus. Jadi pola tidur aku atur lagi. Sebisa mungkin sebelum jam 10 udah tidur. 

2. Perbanyak Minum Air Putih
Biasa sih aku minumnya minuman kemasan rasa-rasa itu. Sekarang sih lagi ngebiasain buat minum 2 liter sehari. Awalnya sih bentar-bentar kencing tapi sekarang udah biasa aja. Tapi air putih itu bagus loh. Banyak banget manfaatnya buat kesehatan. Contohnya meningkatkan energi dan metabolisme, bagus untuk kesehatan kulit jadinya keliatan awet muda, meningkatkan sistem imun, dan masih banyak lagi yang lain. Sudah minum air putih hari ini?

3. Perbanyak Makan Sayur dan Buah
Seperti yang kita semua tahu sayur dan buah itu adalah sumber mineral, serat, vitamin, serta antioksidan yang diperlukan oleh tubuh. Dengan rajin mengkonsumsi sayur dan buah, maka tubuh akan mendapat zat yang terkandung di dalamnya. 

4. Olahraga
Nah ini nih yang susah banget dilakukan oleh banyak orang, termasuk aku. Mager banget kalo yang namanya olahraga. Tapi sekarang sebisa mungkin harus olahraga. Saran dari aku sih pilih olahraga yang paling kamu suka dan bisa. Kalo aku sih bersepeda karena ga kerasa lagi olahraga. Atau main skipping (lompat tali). Kalo lagi rajin ya workout ngikutin video2 di youtube. Yang penting gerak dan berkeringat. Aku awalnya males-malesan sekarang kalo ga olahraga berasa ada yg kurang. 

5. Jangan Lupa Bersyukur
Nah sehat itu ga melulu soal jasmani gaes. Rohani juga perlu disehatkan dong. Karena rohani yang sehat juga pastinya bikin jasmani sehat. Ada banyak cara agar rohani kita menjadi sehat. Salah satunya adalah bersyukur, yang mana sering kita lupa. Dengan bersyukur insyaallah kita selalu merasa cukup dengan apa yang kita punya. Ga perlu lagi iri-iri dengan yang lain. Ini loh yang kita punya, ya wajib disyukuri. Yok bersyukur sama-sama...Alhamdulillah.

Hal-hal kecil diatas aku lakukan demi perubahan hidup yang lebih sehat terutama untuk diriku dan masa depanku. Ga mahal, dan mudah banget dilakukan asal dengan niat yang sungguh-sungguh. Semua pasti bisa lah.  Dan lagi di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula. Bisa bayangin kan kalo salah satunya ga sehat kaya gimana? 



#BPN30DayChallenge2018 #Day12


You may also like

1 comment: