Koleksi Tanaman Biar Hati Nyaman

2 Comments
hobi koleksi tanaman calathea

Setiap orang pasti punya hal yang disukai. Sangking sukanya sampe rela-relain buat dikoleksi. Ada yang koleksi buku, perangko, uang kuno, uang luar negeri, atau barang-barang yang lain deh. Nah aku juga gitu dong. Kalo aku sih sukanya buku sama tanaman. Trus aku koleksi juga? Iya. Ada banyak buku di rumah. Rasanya bisa buat perpustakaan sendiri. Tapi kali ini aku mau ceritain tanaman-tanaman koleksiku. Mungkin koleksi buku kali lain aja.

Aku koleksi tanaman sudah sejak 2 tahun lalu selepas lulus kuliah. Sebenarnya emang aku suka tanaman tapi pas kuliah kan ngekos jadi agak ribet gitu mau beli trus nanem-nanem gitu. Makanya baru setelah kuliah terealisasi karena halaman di rumah luas jadi siap diisi tanaman (halaman rumah aja diisi, masa hati ga, uhukk).

Dari Beli, Barter Sampai Ambil Tanpa Izin

Tanaman hias perawatan mudahKoleksi tanaman di rumahku sebagian ada yang aku beli, baik online atau langsung di penjual bunga. Tapi ada beberapa juga hasil barter dengan teman-teman sesama penyuka tanaman. Lumayan kalo ada teman barter gini ga perlu ngeluarin uang. Ada juga yang ga perlu ngeluarin uang. Apaan? Ambil tanpa izin. Ih nyolong dong? 

Ya gimana ya haha. Untuk kasus ambil tanpa izin ini aku lakukan semisal kaya di taman kota atau tempat-tempat umum gitu. Yang aku ambil pun bukan tanaman yang mesti nyabut gitu ya tapi tanaman yang berkembang biak dengan biji. Contoh kaya Zinnia (bunga kertas), pacar air, atau marigold. Berani ambil pun kalo terlihat bunganya sudah kering jadi bisa disemai sendiri. So i think that's ok. Aku ngambilnya juga biasa aja ya gaes ga ngendap-ngendap kaya tukang nyolong wkwkwk.

Dibeli Dari Luar Pulau

Tanaman hias perawatan mudahSekarang sih udah ga aneh ya semisal beli tanaman via online dari luar pulau gitu tinggal kitanya aja pinter-pinter pilih tanaman model apa yang sekiranya tahan dengan waktu pengiriman. Kenapa beli online? Ya ini sih tergantung. Kadang karena tanaman yang dicari pas ga ada di toko tanaman. Atau ya karena beli onlineharganya  lebih murah.

Aku sendiri sudah beberapa kali juga beli tanaman (bunga) via online dengan bahan pertimbangan lebih murah padahal kualitas tanamannya sama. Tapi tentu harga murah ini juga harus dibarengi dengan usaha ekstra selama proses penanaman kembali. Ya bayangin aja gitu dikirim dari Jawa (kebanyakan) sampai ke Kaltim. Bisa saja tanaman stress selama waktu pengiriman jadi perawatannya jadi Pe-eR banget. Aku lebih suka beli online tanaman seperti adenium dan philodendron yang ga terlalu rewel dan tahan selama pengiriman. Atau yang berupa biji gitu jadi tinggal semai.

tanaman hias cantik dan mudah perawatannyaTanaman hias kuat dan tahan lama
Sering Dibuat Galau

Galau ga melulu soal cinta ya gaes. Sama tanaman pun sering banget dibuat galau. Lah ko bisa? Iya bisa banget. Kadang udah dikasih media tanam yang pas, perawatan yang benar eh tapi tanaman ga berkembang, parahnya lagi malah mati. Nah galau ga tuh. Kalo udah gitu cuman bisa sabar. Belum lagi kadang dibuat galau oleh tanaman yang hancur berantakan. Tanamannya menghancurkan diri gitu? Ga. Tapi hancur karena dicekerin ayam. Masih mending kalo ayam sendiri, nah ini ayam tetangga. Cuman bisa sabar dan ditanam kembali. Syukur-syukur masih mau hidup.

Tanaman hias kuat dan tahan lama
Karena dalam hidup kita ini pasti ada saatnya kita ngalami yang namanya jenuh, bosan dengan aktifitas sehari-hari. Maunya ngapain gitu kan biar suasana hati back to normal. Kalo aku salah satunya ya ini, Tanam-menanam. Dengan melihat hijau daunnya dan warna-warni bunga itu bikin pikiran tenang hati jadi nyaman. Efeknya, badan pun rileks. Tuh refreshing jasmani rohani kan. Ga perlu pergi sana-sini, yang penting senang. 



#BPN30DayChallenge2018 #Day11


You may also like

2 comments:

  1. Mantap bangats, istri saya juga suka mengoleksi tanaman di rumah. rumah jadi berwarna deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya mas rumah jadi ga ngebosenin. Betah deh di efeknya

      Delete