Kerak Telur Transmigrasi ke KALTIM

1 Comments

Pertama dengar namanya agak aneh.Kerak telur.Yap,makanan khas orang betawi ini emang agak aneh menurut saya.Saya belum pernah makan makanan yang satu ini sebelumnya.Saya juga tidak tahu di mana saya bisa mendapat kerak telur di daerah Samarinda.Saya pun jadi berpikir,bagaimanakah rupa si kerak telur ini?
Beruntungnya, saya tidak perlu jauh-jauh ke Jakarta untuk mencicipi makanan ini.Saat saya iseng mengantar adik sepupu saya ke pasar malam musiman,tidak sengaja menemukan sesuatu yang menarik.Deretan penjual kerak telur dengan tulisan “Kerak Telur Asli Betawi”. Saya pun menatap para penjual dengan mata berbinar(L E B A Y).Bukan tulisan tersebut yang menarik perhatian saya,tapi banyaknya orang yang mengantri di depan para penjual.Mungkin mereka sama penasarannya dengan saya,seperti apa sih si kerak telur ini? Saya pun langsung ikut mengantri di depan si penjual tanpa memperdulikan adik sepupu saya yang hilang entah kemana.Saat tiba giliran,saya langsung memesan satu.Saya rasa satu cukup untuk sekedar mengobati rasa penasaran.
Ternyata kerak telur ini dari beras ketan yang sudah dimasak seperti nasi,tapi agak becek masaknya.Ditaruh di tempat yang mirip wajan tapi mirip juga teflon.Mari kita sebut saja tempat ini dengan  wadah .Kemudian ditambah dengan abon kelapa dan satu buah telur.Lalu di campur jadi satu dan diratakan tipis di dalam wadah.Selanjutnya di bakar di atas bara panas. Setelah agak lama,wadah di balik agar bagian dalam juga terbakar.
Setelah melewati adegan bolak-balik wadah dan kipas-kipas,jadilah kerak telur pesanan saya.Saat masih panas si kerak telur di susruk atau di angkat dari wadah.Diletakkan pada selembar kertas bungkus dan ditaburi dengan abon kelapa.Kemudian saya tebus  dengan harga Rp 15.000;.Saya coba cicipi.Rasanya enak dengan kombinasi telur dan ketan juga rasa gurih dari si abon kelapa.Menurut saya,kenapa namanya kerak telur?Karena tekstur dan tampilannya mirip kerak nasi tapi ada campuran telurnya.Itu sih hasil analisa saya setelah melihat dan mencicipi si kerak telur.Saya sertakan foto si kerak telur yang sudah tidak utuh soalnya keenakan makan. 



You may also like

1 comment:

  1. KISAH SUKSES
    Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet ~>KLIK DISINI<~ Wassalam

    ReplyDelete