Lingkungan Hidup dan Sampah

9 Comments
buang sampah sembarangan
source: kaskus.com
Kalo ngomongin lingkungan, aku selalu kepikiran budaya buang sampah sembarangan. Sepertinya sekarang dua hal ini saling berkaitan. Dibalik pidato-pidato hebat tentang lingkungan hidup, selalu terselip pesan untuk menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. But the fact is...budaya buang sampah sembarangan masih saja dilakukan. Salah siapa? Salah kamu yang ga peka sama perasaan aku *yaelah malah baper*.

Tapi serius deh aku memang baperan kalo masalah buang sampah sembarangan. Malahan aku pernah ga berteguran dengan salah seorang teman gara-gara dia aku peringatkan untuk ga buang sampah sembarangan. Apa aku sendiri selalu buang sampah pada tempatnya? Exactly yes. Hari gini masih buang sampah sembarangan, ewww ga keren banget. Ingat, dengan ga buang sampah sembarangan, itu sudah membantu menjaga lingkungan.

Sadar Diri

Menimbulkan kesadaran diri seseorang untuk ga buang sampah sembarangan itu susah loh. Seperti kasusku yang sampe ga berteguran sama teman. Trus gimana? Yang penting sih kesadaran diri sendiri aja dulu. Dengan kesadaran diri sendiri untuk ga buang sampah, kita sudah memberikan kontribusi ko untuk lingkungan, walaupun sendiri.

jangan buang sampah sembarangan

Bisa Karena Terbiasa

Sudah sering aku lihat orang yang buang sampah sembarangan dengan santainya, ga malu, ga sungkan, dan ga merasa berdosa. Mereka ini juga bisa buang sampah sembarangan karena udah terbiasa. Nah hal sebaliknya juga berlaku. Aku yakin kalo sudah biasa ga buang sampah sembarangan, kita jadi bisa menciptakan lingkungan yang bersih. Ga usah dalam skala besar, minimal lingkungan tempat tinggal sendiri aja. Karena ini juga ga gampang, makanya dibiasakan.

kegiatan buang sampah sembarangan
source: kaskus.com
biasakan buang sampah
source: harapanrakyat.com
Action, Jangan Cuma Ngomong

Dari sekian banyak kasus buang sampah sembarangan, buang sampah di sungai yang paling aku prihatinkan. Padahal sungai kan salah satu sumber kelangsungan hidup. Ada banyak makhluk hidup yang masih menggantungkan diri pada sungai. Membuang sampah disungai sudah pasti mencemari sungai itu sendiri dan lingkungan disekitarnya. Dan satu lagi, sampah disungai itu ga enak dilihat. 

sungai sebagai tempah sampah

Ga usah ditanya sungai mana aja di Indonesia yang jadi tempat pembuangan sampah massal. Jawabannya...banyak. Di Samarinda sendiri ada juga. Sungai Karang Mumus namanya. Tapi sekarang ada gerakan memungut sehelai sampah di sungai Karang Mumus. Banyak warga yang datang ke pangkalan pungut untuk berpartisipasi memungut sampah di sungai yang panjangnya lebih dari 40 km ini. Memang hasilnya baru sedikit terlihat, tapi ikut langsung dalam kegiatan pungut sampah seperti ini jauh lebih baik kan daripada berkoar-koar membara tapi ga ada aksinya.

sungai karang mumus samarinda
salah satu potret kegiatan pungut sampah di SKM
Well, aku mungkin bukan penggiat lingkungan yang hebat. Aku cuma salah satu orang yang peduli pada lingkungan dan berusaha menyuarakan opini lewat tulisan. Ada banyak tulisan seperti ini di luar sana dan aku mau tulisanku salah satunya. Dengan membuat tulisan seperti ini, aku ingin orang lain juga seperti aku, peduli dengan lingkungan dengan ga buang sampah sembarangan. Mungkin ini cuma hal yang terlihat kecil, tapi lihat dampak ke depannya. Ini bumi kita, tempat tinggal kita. Kalo bukan kita yang menjaga, siapa lagi?


You may also like

9 comments:

  1. Ya buang sampah itu sama dengan buang mantan, tinggal masukan ke tong sampah,,hahaha

    ReplyDelete
  2. Ya buang sampah itu sama dengan buang mantan, tinggal masukan ke tong sampah,,hahaha

    ReplyDelete
  3. Ini harus ditanamkan sejak dini, biar mereka jadi terbiasa.

    ReplyDelete
  4. Saya setuju, paling nggak mulai dari diri sendiri. Suatu saat akan ada yang mengikuti, dan... semua akan membuang sampah pada tempatnya. Tulisan yang bagus. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...kesadaran diri sendiri yang paling penting. Terima kasih sudah membaca :)

      Delete