Yok Berkunjung ke Bumi Sriwijaya

3 Comments
Wisata sumatra selatan

Mungkin kita sudah tak asing dengan fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) yang akhir-akhir ini ramai diperbincangkan. Bagaimana tidak, fenomena yang akan terjadi pada 9 Maret 2016 ini salah satu fenomena yang langka loh. Setelahnya baru akan terjadi beberapa tahun lagi. Dan berita baiknya adalah, beberapa daerah di Indonesia berkesempatan untuk dilintasi oleh fenomena GMT. Salah satu daerah tersebut adalah Sumatra Selatan.

Mendengar kata Sumatra Selatan tentu tak asing. Provinsi dengan ibukota Palembang ini adalah provinsi yang terletak di bagian selatan Pulau Sumatra. Masih ingat Kerajaan Sriwijaya yang merupakan kerajaan maritim terbesar di Indonesia? Nah di Sumatra Selatan lah pusat kekuasaan dari Kerajaan Sriwijaya yang berdiri berabad-abad lalu. Tak heran bila sampai sekarang Sumatra Selatan juga dikenal dengan sebutan Bumi Sriwijaya. Well, serasa kembali ke pelajaran sosial zaman sekolah.

Sama seperti daerah-daerah di Indonesia, Sumatra Selatan juga kaya akan tujuan wisata. Wisata alam, sejarah, seni dan budaya, kuliner, semua bisa ditemukan di Bumi Sriwijaya ini. Wih lengkap kan? Banget. Akupun punya alasan sendiri kenapa harus berkunjung ke Sumatra Selatan. Ya pastinya karena aku ingin mengunjungi beberapa tempat berikut ini.

Sungai Musi dan Jembatan Ampera

Siapa yang tak tahu Sungai Musi yang merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia. Apalagi  Sungai Musi diperindah dengan keberadaan Jembatan Ampera yang juga menjadi ikon kota Palembang. Sudah bisa dipastikan aku akan sangat senang bisa datang ke sini. Mengabadikan sunset di Sungai Musi dengan bayang-bayang Jembatan Ampera adalah salah satu Impianku.

Wisata Palembang

Wisata Sumatra Selatan

Buatku, Sungai Musi dan Jembatan Ampera adalah paket lengkap yang saling melengkapi. Bagaimana tidak? Selain keindahan keduanya, tak jauh dari Sungai Musi ini ada pasar yang menjual souvenir dan makanan khas Palembang. Jadilah bisa menikmati beberapa pesona Bumi Sriwijaya dalam satu paket.

Pulau Kemaro

Tak jauh dari Jembatan Ampera, kurang lebih 6 km, ada pulau Kemaro yang terletak di tengah Sungai Musi. Pulau Kemaro menjadi tempat wisata yang paling terkenal di Palembang. Di pulau ini ada vihara yang banyak didatangi umat Budha untuk berdoa dan berziarah.

Wisata Sumatra Selatan

Yang unik dari pulau ini karena adanya pagoda berlantai 9. Selain pagoda, hal unik lainya adalah pohon cinta. Katanya kalau sepasang kekasih menulis namanya di pohon ini maka hubungannya akan berlanjut ke jenjang pernikahan. Bikin penasaran kan?

Rumah Limas

Ingat gambar rumah yang ada pada lembaran uang Rp. 10.000? Yap itulah rumah Limas, rumah tradisional khas Sumatra Selatan. Kenapa disebut rumah Limas? Karena atapnya berbentuk limasan. Dari segi arsitektur, rumah Limas berbentuk panggung dan berbahan kayu. Bangunannya bertingkat-tingkat dan menurut masyarakat setiap tingkatan memiliki filosofi tersendiri. Selain menikmati keindahan penuh tradisional, pastinya bisa belajar budaya juga.

Wisata Sumatra Utara

Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak juga salah satu bangunan kebanggan masyarakat Palembang. Benteng ini berdiri kokoh di ketinggian 10 meter . Benteng Kuto Besak adalah b enteng terbesar dan satu-satunya yang terbuat dari Batu, sebagai saksi perlawanan terhadap penjajahan asing.  Kalau di sini pastinya kita bisa berwisata sejarah.

Wisata Sumatra Selatan

Dari Benteng Kuto besak kita bisa melihat kapal-kapal yang berlalu-lalang di Sungai Musi. Pemandangan dari Benteng akan semakin indah saat sore hari. Menjelang malam lampu-lampu cahaya disekitar benteng menyorot dinding benteng yang menjadikannya semakin indah. Tapi sayangnya sekarang Benteng Kuto Besak tertutup untuk umum karena dijadikan pangkalan militer. Tapi walaupun begitu aku tetap ingin datang ke benteng ini.

Pempek Khas Palembang

Yang tak kalah penting saat berwisata itu tentu saja kulineran. Pempek yang merupakan makanan khas Palembang pastinya harus dicoba. Walaupun pempek bisa ditemukan di daerah lain, mencoba pempek asli Palembang tentu punya kepuasan tersendiri.

Makanan khas Palembang

Selain pempek, banyak makanan khas Palembang yang ingin aku coba. Mi celor dan pindang ikan adalah dua lainnya. Makan makanan khas Palembang langsung di Bumi Sriwijaya, siapa bisa menolak?
Makanan Khas Palembang

Nah itu tadi beberapa alasan yang membuatku harus berkunjung ke Bumi Sriwijaya. Pastinya masih banyak tempat-tempat penuh pesona di Bumi Sriwijaya, . Tapi untukku, hal-hal yang kutuliskan diataslah yang sangat ingin aku lakukan. Kalau Kamu?


Source: klik di sini dan di sini


You may also like

3 comments:

  1. pempek palembang emang top kok hmmm jadi pengeen haha
    yang asli pokoknya beda rasanya lebih menggigit haha

    ReplyDelete
  2. Saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok MBAH PESUGIHAN DANA GHAIB

    ReplyDelete