Karena Nama Juga Punya Sejarah

17 Comments
quotes tentang nama-nama

Kalo bicara soal sejarah, jangan cuma ingat sejarah kemerdekaan aja guys. Secara ga sadar kita sering loh berhubungan dengan sejarah. Karenanya aku jadi berpikir kalo setiap orang itu pasti bersejarah. Entah sejarah macam apa, pasti ada aja yang bisa diceritakan kembali.

Aku juga pastinya punya sejarah, bahkan walau itu ga penting. Tapi aku ga mau bahas sejarahku sih. Sungguh, aku belum siap. Trus sejarah siapa? Tak lain dan tak bukan adalah kakak pertama dan satu-satunya. Aku mau menceritakan sedikit sejarah dibalik namanya karena ada nama ada cerita.

Kenapa aku memilihnya? Ya aku pikir namanya menarik, aku sudah familiar, dan belum banyak orang yang tau kecuali keluargaku. Daripada aku menceritakan sejarah lain yang bisa dicari di google misalnya, kan ga seru. Walaupun aku juga ga jamin yang ini bakal seru.

Sedari kecil aku sudah akrab banget sama kakakku, walaupun aku perempuan dan dia lelaki. Dia adalah sosok kakak paling baik yang pernah kukenal. Nama lengkapnya adalah Rusis Hariyadi. Kak Ru, begitu aku memanggilnya. Sekilas namanya memang biasa saja, aku juga berpikir begitu. Tapi semua berubah ketika aku sudah mengenal yang namanya cinta arti nama. Jadi aku suka iseng Tanya ke mamak arti nama anak-anaknya. Dan aku selalu senyum-senyum sendiri tiap mamak bercerita bagian nama kakakku.

Aku selalu berpikir kalo nama kakakku itu aneh, Rusis. Coba bandingkan dengan nama Muhammad, Hery, Wahyu, Agus, Rusis itu terdengar beda. Ternyata oh ternyata, nama kakakku itu adalah singkatan dari beberapa kata. Rusis adalah singkatan dari Rumah Sakit Islam Samarinda, tempat di mana dia dilahirkan. Haryadi singkatan dari Hari Raya Idul Fitri. Jadi bisa dikatakan sejarah namanya adalah karena dia lahir di Rumah Sakit Islam Samarinda pada saat Hari Raya Idul Fitri.

Nah itu tadi sejarah dari nama salah satu orang yang aku sayang, kakakku. Special applause juga buat orang tuaku yang telah memberi nama kakakku dari singkatan nama salah satu rumah sakit di Samarinda. Apapun namanya aku yakin terselip doa saat itu. Mungkin di luar sana ada banyak juga orang dengan nama unik beserta sejarahnya, tapi buatku tetap nama kakakku bersejarah banget.


sejarah nama di indonesia



You may also like

17 comments:

  1. Wkwk. Betul mbk. Pasti ad sejarah nama setiap org. Kbykan kya gtu

    ReplyDelete
  2. Resa Maradhona: Resa (belum tahu artinya). Maradhona: Maryati (nama ibu) dhona (lahir bulan Ramadhan)

    ReplyDelete
  3. Febie Pranolosa. Febie : lahir di bulan februari. Pranolosa: masih belum diketahui

    ReplyDelete
  4. oalah..bisa saja nama akronim tempat kelahiran bisa jadi nama :)

    ReplyDelete
  5. Xixixi, namanya unik plus lucu. :D Ternyata ....

    ReplyDelete
  6. Ealahhh, Rusis itu singkatan rumah sakit.

    ReplyDelete
  7. Unik juga arti namanya. hehe
    Salam buat kakaknya yaa..
    Semoga sukses untuk kalian berdua.

    Thanks anyway udah ikutan giveaway diblog saya ^^

    ReplyDelete